Minggu, 13 Desember 2015

PERUBAHAN CARA BERNAFAS KATAK MUDA MENJADI KATAK DEWASA

KATAK BERNAFAS DENGAN INSANG KETIKA MUDA KETIKA DEWASA KATAK BERNAFAS DENGAN PARU PARU DAN KULIT. 


Pada Katak muda dan katak  dewasa sebagaimana anggota kelas yang mengalami perubahan hidup dari air ke darat disebut metamorfosa. Katak dewasa  mengalami perkembangan di dua habitat selama masa hidupnya, air dan darat. Masa ketika katak muda atau kecebong dihabiskannya dengan hidup di air artinya katak muda atau kecebong bernafas dengan insang .
sumber : www-budidayakataklembu-com

katak muda bernafas dengan insang
Katak Muda bernafas dengan Insang

Hal ini karena struktur tubuh katak muda atau kecebong sangat lembek dan lembab. Hidup di perairan akan menjaga kontur tubuh larva katak muda. Sebaliknya, ketika dewasa, katak muda akan migrasi ke daratan guna mencari mangsa. Katak dewasa merupakan predator serangga-serangga kecil. Meskipun demikian, katak  dewasa tidak meninggalkan habitat perairan, katak dewasa memerlukan wilayah yang lembab untuk menjaga kulitnya tetap lembab, dan daratan menyebabkan kulit kering. 

Perubahan yang terjadi pada  kehidupan katak muda ke katak dewasa  adalah dalam bernafas  (air menuju darat) menyebabkan berbagai macam adaptasi yang terjadi pada organ-organ tubuh, terutama terjadi pada organ pernapasan katak muda ke katak dewasa. Kebutuhan akan oksigen senantiasa terjadi dalam perkembangan katak muda dan makhluk hidup lainnya. Larva katak muda atau kecebong  atau katak muda bernapas dengan  menggunakan insang luar di permukaan tubuh yang terdiri atas lipatan-lipatan penuh kapiler pembuluh darah yang akan mengikat oksigen terlarut dalam air dan membuang karbondioksida dengan pertukaran gas. Perkembangan cara katak muda  bernafas dengan insang  menjadi katak dewasa bernafas dengan paru paru dan kulit yang disiapkan dapat hidup didaratan akan menyebabkan insang hilang. Katak dewasa dilengkapi dengan tiga permukaan tubuh yang digunakan untuk pertukaran gas. Katak dewasa bernapas dengan menggunakan lapisan kulit; paru-paru; dan lapisan rongga mulut. 



Katak Dewasa Bernafas dengan Paru paru dan Kulit


Kulit katak  muda tersusun atas membran yang tipis dengan jaringan pembuluh darah yang terletak tepat dibawahnya. Katak muda bernafas dengan melalui kulit membantu mencukupi asupan oksigen tersebar, terutama ketika sang katak dewasa  berada di wilayah perairan. Membran tipis pada kulit memudahkan difusi oksigen mengalir masuk ke dalam tubuh katak muda dan langsung masuk ke dalam sistem sirkulasi (melalui pembuluh darah kutaneus). Ketika katak dewasa meninggalkan perairan, kelenjar mukus (lendiri) akan menjaga kelembapan kulit dengan lendir yang dihasilkan yang akan membantu pengikatan oksigen dari udara saat di daratan. Demikian agar sobat ketahui bagaimana cara  katak muda  dan katak dewasa dalam hal  bernafas.
sumber : www-budidayakataklembu-com.



 Jasa pembuatan website murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar